KEPALA DESA LUMPATAN II BESERTA PERANGKAT DESA LUMPATAN II LAKUKAN SKRINING DETEKSI DINI PENYAKIT - DESA LUMPATAN 2

Lumpatan II-  Dalam rangka menemukan serta memantau secara awal penyakit-penyakit kronis dan menurunkan angka kejadian Penyakit Tidak Menular (PTM), Kepala Desa Lumpatan II M. ZAZILI MUSTOFA HS, SE beserta seluruh Perangkat Desa Lumpatan II Kec. Sekayu  mengikuti Skrining Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Lumpatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Lumpatan II. Jum'at (04/08/2023).

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengecekan faktor resiko PTM, pengukuran tekanan darah, tinggi badan, berat badan, pemeriksaan gula darah.

Deteksi dini Penyakit Tidak Menular merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin. Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

Diakhir kegiatan tersebut, Kepala Desa Lumpatan II M. ZAZILI MUSTOFA HS, SE menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Puskesmas Lumpatan karena, telah berkenan membantu melakukan pengecekan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada dirinyi sendiri dan Perangkat Desa Lumpatan II sehingga dapat mengetahui kondisi kesehatan serta dapat mendeteksi sedini mungkin jika ada tanda- tanda dari penyakit tidak menular tersebut.