PERTEMUAN RUTIN RUMAH DESA SEHAT (RDS) DESA LUMPATAN II - DESA LUMPATAN 2

Lumpatan II- Kegiatan Pertemuan Rutin RDS (Rumah Desa Sehat) dilakukan setiap tahunnya dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dalam setahun. Pertemuan rutin RDS (Rumah Desa Sehat) dilaksanakan di Ruang Pertemuan BPD & LPM Desa Lumpatan II yang dimulai pukul 08.00 Wib. Senin (09/10/2023).
 
Pertemuan Rutin RDS tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Lumpatan II M. ZAZILI MUSTOFA HS, SE beserta Perangkat Desa Lumpatan II, Ketua BPD Desa Lumpatan II ENDANG SAPUTRA S.Sos, Pedamping Lokal Desa, Bidan Desa, Kader Posyandu, Guru Paud, KPMD, LPM, Ibu Pokja PKK, dan Tokoh Masyarakat.
 
Acara Pertemuan Rutin RDS ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Lumpatan II (M. ZAZILI MUSTOFA HS,SE), yang menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan dalam mengatasi Stunting serta masalah kesehatan lainnya di Desa Lumpatan II. Beliau juga mengungkapkan komitmen desa untuk memprioritaskan kesehatan warga Desa Lumpatan II  dan melibatkan semua pihak dalam upaya pencegahan stunting.
 
RDS ini merupakan forum komunikasi membahas masalah-masalah kesehatan yang ada di wilayah Desa Lumpatan II. Tim dari Dinas Kesehat Kab. Musi Banyuasin selaku Narasumber Pertemuan Rutin RDS menyampaikan beberapa materi yakni tentang permasalahan Stunting/kelainan tumbuh kembang pada anak, Peran Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) serta masalah kesehatan lainnya.
 
Tujuan utama dari pertemuan rutin RDS (Rumah Desa Sehat) ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi yang seimbang dan perawatan kesehatan yang baik serta pentingnya Sanitasi Lingkungan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak-ana dan masyarakat Desa Lumpatan II.
 
(Editor: HETTI OKTA VIANI, A.Md.KL)